18 May 2009

Google
Google mengatakan, pengguna semakin canggih
Google menyatakan sedang menciptakan mesin pencari yang sempurna.

Komentar perusahaan itu muncul di sebuah perisiwa yang disebut "pidato kenegaraan" mengenai mesin pencari saat meluncurkan produk baru yang bertujuan mendorong mesin pencari ke arah baru.

Google menguasai lebih dari 63 % pasar Amerika dibandingkan Yahoo dengan 20 % pangsa pasar.

"Lomba dalam mesin pencari jauh dari berakhir dan inovasi dan perbaikan terus berlanjut sangat penting," ujar Marissa Mayer dari Google.

"Saya sudah katakan berkali-kali namun pencarian masih tahap bayi. Teknisi kami ingin tahu apa yang akan menjadi besar nanti dalam pencarian dan bagaimana menemukannya," ujar Mayer yang menjadi wakil presiden produk pencarian dan pengalaman penguna.

Dia mengatakan tahun lalu Google meluncurkan 365 produk dan dalam kuartal pertama tahun ini 120 produk.

Mayer menambahkan ini bukti "Google semakin baik sepanjang waktu".

Google pernah menyatakan meskipun memimpin di pasar, pengguna "satu klik melangkah" menuju alterantif.

Vanessa Fox dari SearchEngineLand mengatakan kepada BBC kemampuan Google untuk selalu berinovasi memberinya keunggulan.

"Google mengatakan kami menyediakan semua pencarian dan melakukan secara besar. Ini berarti mereka meluncurkan semua fitur sementara beberapa perusahaan dapat berkonsentrasi pada satu hal. Hal penting dibelakang ini mengapa mereka masih unggul karena mereka mampun berinovasi secara cepat," kata Fox.

Google Squared

Seama acara "Searchology" di markas Google di Mountain View, Mayer dan timnya menunjukkan empat produk baru yang dia katakan akan memberikan para pengguna "cara berbeda untuk melihat web".

Google
Google Squared masih eksperimen dan jauh dari sempurna

Salah satu yang lebih eksperimental disebut Google Squared yang akan diluncurkan untuk umum bulan depan.

Program ini mengambil informasi dari web dan menunjukkan dalam bentuk tabel dalam "hitungan detik", sesuatu yang Mayer katakan normalnya memerlukan setengah hari untuk melakukannya.

Selama demonstrasi, kata "anjing kecil" diketik kedalam kotak pencari.

Beberapa detik kemudian sebuah tabel muncul menunjukkan foto berbagai anjing, asalnya, berat dan tingginya dalam bentuk yang jelas dan sederhana.

Sementara Mayer melukiskan produk ini "transformatif" dia hanya menunjukkan teknik spesifik yang Google gunakan untuk mendorong fitur ini.

"Saya kira kita dapat membuka sedikit kimono tanpa berbicara mengenai ilmu komputer di belakangnya," katanya.

"Apa yang mereka sebenarnya lakukan adalah mencari struktur di web yang tampaknya berupa fakta," lanjutnya.

"Tabel berbeda, struktur berbeda dan kemudian menguatkan bukti seputar apakah sesuatu itu fakta atau tidak dengan melihat apakah fakta itu muncul di halaman-halaman internet," tuturnya.

"Saring, filter dan lihat"

Google Search Options merupakan sebuah alat yang bertujuan agar para pengguna "memilah-milah dan menimbang" hasil sehingga mereka dapat menata informasi dan mendapatkan apa yang diinginkan lebih cepat.

Google
Pilihan pencari memberikan cara-cara baru untuk berinteraksi

Mayer menjelaskan, fitur baru ini akan membantu orang yang berusaha keras dengan masalah yang menjengkelkan dengan apa yang dicari di kotak pencari.

Ini berarti memberikan pengguna peluang untuk "menyaring, memfilter dan melihat hasilnya dengan cara berbeda".

Fitur lainnya disebut "Rich Snippets" yang merupakan hasil pencarian yang memberi lebih banyak informasi dalam setiap daftarnya.

Misalnya, pengguna mencari review mengenai restoran baru yang yang mungkin mendapatkan "potongan yang banyak" nilai review, jumlah review dan harga-harga di restoran.

"Ini adalah satu langkah menuju seluruh internet lebih pintar," ujar manajer produk Google Kavi Goel.

'Skymap'

Fitur akhir yang dijelaskan Mayer "mencapai bintang-bintang" dengan aplikasi untuk telepon seluler yang menggunakan sistem operasi Android.

Skymap memperlihatkan konstelasi langit.

Dengan menggunakan kemampuan telepon pintar GPS, menawarkan pengguna peta bintang secara dinamis yang mengetahui dimana mereka berdiri dan kearah mana mereka berjalan.

Fitur ini merupakan hasil dari kebijakan Google 20 % yang menginjinkan para teknisi menghabiskan seperlima waktunya bekerja untuk proyek sendiri.


Silahkan Berbagi Artikel Ini!


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2010 Taufik Siahaan Blog.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.