24 May 2009

Selama ini mungkin Anda beranggapan hanya wortel yang dapat melindungi kesehatan mata. Namun riset baru-baru ini menyebutkan bahwa, kacang ternyata memiliki manfaat yang sama dalam menjaga kesehatan mata. Omega 3-fatty acids yang terkandung dalam kacang-kacangan mampu mencegah kebutaan akibat degenerasi makula .
Mengkonsumsi satu atau dua porsi kacang-kacangan selama seminggu diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula, hingga 35 persen. Degenerasi makula yang berkaitan dengan umur atau Age-related macular degeneration (AMD) merupakan suau penyakit yang dihubungkan dengan penuaan (menjadi tua) yang secara berangsur-angsur merusak penglihatan tengah yang tajam. Anda bisa mengalami kesulitan mengenali wajah dan warna, mengemudi mobil, membaca, atau melakukan pekerjaan tangan, seperti menjahit atau pekerjaan tangan lainnya.

Degenerasi makula biasanya akan diawali dengan rabunnya pandangan mata hingga akhirnya mengarah kepada kebutaan.

Dari riset yang dilakukan Univeristy of Sydney, Australia, diketahui bahwa jenis makanan yang mengandung omega 3-fatty acids seperti yang terkandung dalam jenis kacang-kacangan dan ikan diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya AMD, sebagai penyebab kebutaan di masa tua.

Hasil ini terungkap setelah tim peneliti melihat perkembangan 2.454 responden di Australia yang mengkonsumsi satu hingga dua porsi kacang dalam seminggu. Risiko terserang AMD pada responden berkurang hingga 35 persen. Hasil ini lebih tinggi jika dibandingkan Anda mengkonsumsi satu ekor ikan setiap minggunya yang hanya dapat menurunkan risiko AMD hingga 31 persen.

“Kesimpulannya, penemuan kami mendukung suatu hipotesis bahwa menambah asupan omega-3 fatty acids atau mengkonsumsi kacang dan ikan secara rutin dapat melindungi diri dalam melawan AMD,” ungkap seorang peneliti, Jennifer Tan.[cntq/ais]

Silahkan Berbagi Artikel Ini!


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2010 Taufik Siahaan Blog.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.